Cara Mengumpulkan Uang Muka Untuk Rumah Pertama

      No Comments on Cara Mengumpulkan Uang Muka Untuk Rumah Pertama

Cara Mengumpulkan Uang Muka Untuk Rumah Pertama – Masalah DP telah menjadi masalah yang paling sering di hadapi oleh orang orang ketika ingin memiliki rumah pertamanya. Banyak orang yang menundua di karenakan kendala pada DP yang terlalu besar. Biasanya DP itu 20% dari harga rumah. Berarti jika rumah anda seharga Rp 500 juta, maka anda harus menyediakan Rp 100 juta untuk uang muka.

Rp100 juta ini mungkin terdengar tidak mungkin dapat terkumpul apalagi anda yang baru mulai kerja. Belum lagi harga properti yang setiap tahunnya meningkat. Ini akan membuat DP juga naik. Walaupun memiliki nominal yang besar, bukan berarti anda tidak dapat mendapatkan dana tersebut. Anda cukup perlu disiplin dalam mengumpulkannya.

Beli Atau Sewa

Perhatikan juga kondisi finansial anda, jika keuangan anda cukup sehat, maka anda dapat membeli properti. Tapi mungkin opsi terbaik adalah dengan sewa rumah dulu daripada beli. Kebanyakan orang membeli rumah karena gengsi pada teman kerja ataupun tuntutan dari keluarga. Jika kondisi keuangan anda tidak memungkinkan, anda hanya akan memperburuk keuangan anda sendiri.

Memasang Target Rumah

Dalam memilih target rumah, bersikaplah secara realistis. Jangan sampai rumah yang anda pilih ini melebihi kemampuan keuangan. Jangan lupa untuk lebih prioritaskan kebutuhan anda seperti jarak ke tempat kerja, lingkungan sekolah ataupun lokasi. Miliki rumah mewah merupakan tipe pengeluaran yang bersifat keinginan. Tidak masalah jika anda memiliki rumah di pinggiran selama lingkungan pada daerah tersebut masih aman. Dengan memasang target rumah yang realistis, anda akan lebih mudah mengumpulkan DP. Anda pun tidak terlalu berat ketika membayar cicilan angsuran.

Menabung

Sisihkanlah sedikit dari penghasilan anda untuk di tabung yang dapat berguna untuk membayar uang muka dari rumah pertama. Jadi tidak ada salahnya jika anda membuka rekening khusus untuk tabungan anda jadi anda tidak dapat tergiur untuk membelanjakannya. Anda dapat memilih tabungan yang memiliki deposito sehingga bunga yang di berikan bank akan lebih tinggi. Kunci dari ini semua adalah terus saja menabung walaupun dana yang anda sisihkan sedikit. Seperi kata pepatah “sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit”. Sama halnya menabung, walaupun yang anda sisihkan sedikit, pasti lama kelamaan dana anda akan terkumpul sesuai dengan yang dibutuhkan.

Memanfaatkan Aset

Salah satu cara yang paling efektif adalah memanfaatkan aset bernilai yang anda miliki. Misalnya anda memiliki kendaraan dengan harga Rp250 juta, anda dapat menjualnya dan menggantinya dengan kendaraan yang lebih murah. Selisih harga jual dna beli ini dapat digunakan untuk menambah tabungan anda untuk DP pembelian properti. Selain itu, anda juga dapat menjual aset yang anda miliki. Misalkan saja anda memiliki logam untuk investasi, anda dapat menjualnya untuk membayar DP. Dengan aset yang ada, anda akan lebih cepat mengumpulkan dana tersebut.

Mencari Pinjaman

Pinjaman dapat dilakukan dari saudara ataupun teman teman terdekat. Pinjaman ini biasanya bisa didapatkan dari lingkungan terdekat kita dengan tidak di kenakan biaya bunga dan sumbernya lebih terpercaya. Anda juga dapat menyicilnya dalam jangka waktu yang lebih lama sehingga tidak di bebani. Anda juga dapat meminjam dari keluarga terdekat. Tapi ingat, jangan sampai anda mengajukan pinjaman dengan fasilitas KTA (Kredit tanpa agunan) dari bank. Ini hanya akan menambah beban kredit anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *