Cara Menjual Rumah yang Masih dalam KPR

      No Comments on Cara Menjual Rumah yang Masih dalam KPR

Cara Menjual Rumah yang Masih dalam KPR – KPR telah sering menjadi solusi untuk membeli rumah. Anda pastinya paham bahwa harga rumah itu mahal dengan harga mencapai ratusan hingga miliaran rupiah. Maka dari itu, KPR sangat di minati banyak orang yang ingin memiliki rumah tanpa harus menunggu lama.

Dalam proses pengajuan KPR, pastinya anda selaku pemohon akan menjadi nasabah dari pemberi KPR, artinya anda yang memiliki rumah dijual di medan tersebut harus melunasi pihak bank dan anda di anggap akan berutang kepada bank. Besarnya cicilan ini dilihat dari kemampuan anda membayar dan menyesuaikan pendapatan anda setiap bulannya. Tapi, yang menjadi pertanyaan. Apakah rumah yang masih dalam fasilitas KPR ini bisa dijual?

Pada dasarnya, rumah yang anda beli ini menggunakan fasilitas KPR yang telah anda miliki sebagai pemohon KPR. Namun karena proses yang di lakukan menggunakan pinjaman dari bank dalam bentuk KPR, maka SHM rumah masih di pegang oleh bank sebagai jaminan bahwa pinjaman telah di berikan.

Ini sudah jelas bahwa untuk mendapatkan sertifikat tersebut, anda harus melunasi semua utang anda kepada bank terlebih dahulu. Jika masih dalam cicilan ataupun gagal bayar, pihak bank akan melakukan penyitaan terhadap rumah tersebut. Walaupun begitu, anda selaku pemilik rumah bisa saja melakukan penjualan rumah yang masih terikat dalam fasilitas KPR tersebut.

Melakukan persetujuan Dulu

Ini adalah cara mudah yang bisa anda lakukan untuk menjual rumah. Anda melakukan pelunasan pada sisa utang KPR tersebut agar dapat mendapatkan SHM dan kemudian bisa menjualnya ke pihak lain. Hal ini, anda akan di kenakan sejumlah denda karena pelunasan dilakukan sebelum tenor yang telah di sepakati pada awal perjanjian. Biasanya jumlah denda ini akan lebih kecil dari sisa bunga pinjaman yang  masih harus di lunasi. Biasanya denda ini di hitung berdasarkan persentase tertentu dari sisa jumlah utang yang anda miliki.

Menjual Rumah Kemudian Melakukan Pelunasan

Dalam beberapa kondisi terentu, anda dapat menjual rumah anda pada orang lain meskipun masih dalam KPR. Setelah itu, anda bisa melakukan pelunasan agar SHM dapat di ambil dari bank yang kemudian di serahkan ke pada pihak pembeli. Namun anda harus memberi tahu kepada si pembeli agar pembeli dapat mengetahuinya dan ini dapat berjalan dengan baik.

Over Kredit KPR

Anda dapat melakukan cara ini ke pihak pembeli. Mengambil alih KPR di bank yang sama dimana pembeli melakukan pinjaman pada bank yang sama. Kemudian memindahkan KPR ke bank lain dan pembeli dapat melanjutkan pinjaman di bank yang berbeda dari sebelumnya. Proses ini membtuhkan sejumlah biaya untuk melaksanakannya sehingga ini penting untuk anda untuk memahaminya.

Rumah merupakan aset berharga yang nilainya sangat besar. Maka dari itu, jika anda berniat untuk menjualnya, sangat penting untung memikirkan semua biaya beserta konsekuensinya. Menjual rumah yang maish KPR ini masih terbilang rumit. Jadi jika anda ingin menjual rumah yang masih dalam KPR, sebaiknya pikirkanlah secara matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *