Tips Dalam Merencanakan Pembangunan Rumah

      No Comments on Tips Dalam Merencanakan Pembangunan Rumah

Tips Dalam Merencanakan Pembangunan RumahTips Dalam Merencanakan Pembangunan Rumah – Siapa yang bilang kalau tidak bisa membangun rumah impian sendiri? Tentu saja bisa, anda bisa mendesain, mengkonsep rumah impian anda. Tapi tentunya banyak hal yang perlu anda ketahui dalam merencanakan pembangunan rumah. Mulai dari anggaran yang di perlukan, konsep rumah, juru bangun, material yang di gunakan. Jika anda tidak mengetahui konsep dari pembangunan rumah, maka merancang sendiri rumah impian itu akan terasa sulit.

Berikut ini tips untuk membantu anda membangun rumah idaman

Membuat anggaran pembangunan

Hal terpenting ketika sedang membuat perencanaan bangun rumah adalah budget pembangunan rumah. Buatlah anggaran pembangunan sebelum anda melangkah ketahap selanjutnya. Apalagi jika budget yang anda sediakan minim. Maka dari itu, tentukan terlebih dahulu budget yang perlu di keluarkan seperti uang tunai yang di pegang, pinjaman, Aset dan lainnya. Setelah anda menghitung itu semua, anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Membuat rencana rancangan bangunan

Setelah menentukan anggaran yang di miliki, buatlah rencana rancangan rumah yang akan anda bangun. Tentukan juga konsep yang digunakan. Kini sudah banyak konsep rumah yang bisa di pilih. Mulai dari minimalis, klasik dan modern. Jika modal yang di miliki tidak begitu banyak, maka konsep minimalis cocok untuk diterapkan pada rumah anda.  Jika anda merasa kesulitan, anda bisa mencari desain rumah di internet. Cobalah diskusikan hal ini kepada keluarga anda mengenai desain yang di pilih. Jangan lupa tentukan bangunan rumah anda full finishing atau menyicilnya. Ini juga berkaitan dengan biaya yang di keluarkan.

Menentukan Material Bangunan

Setelah memiliki rancangan desain, maka anda tinggal menentukan material bangunan yang akan digunakan.  Bila anda menggunakan jasa arsitek, biasanya  pihak arsitek akan mendiskusikan dengan anda mengenai material bangunan yang digunakan dalam rumah. Pilihlah material yang tepat dan bijaksana. Biaya material merupakan biaya yang paling besar ketika anda membangun rumah. Jika anda tidak memilih material yang tepat, maka biaya pembangunan bisa membengkak. Pilihan material biasanya terbagi 3 bagian, yaitu Material konstruksi (pondasi rumah), material finishing (penutup atap, lantai dan dinding) dan material instalasi. Selain itu, anda juga perlu mencari supplier dari bahan bangunan yang baik. Beberapa hal yang perlu di perhitungkan adalah kualitas dan bahan material, metode pembayaran dan waktu pengiriman.

Memilih Juru Bangunan

Walaupun anda merancang sendiri rumah yang anda tempati, pastinya dalam proses pembangunan akan membutuhkan jasa juru bangunan. Pemilihan juru bangunan telah menjadi hal yang penting karena ini adalah faktor keberhasilan rumah yang akan di bangun. Maka dari itu anda harus selektif dalam pemilihan sehingga tidak ada resiko yang terjadi kedepannya pada rumah anda. Pilih lah juru bangunan yang sudah memang profesional dan terbukti kualitasnya. Anda bisa melihatnya melalui pengalaman dan review yang ada. Pastikan juga negosiasi sistem upah yang digunakan. Biasanya ada 2 jenis upah yaitu harian dan borongan. Setiap sistem pastinya memiliki kelemahan dan kelebihan masing masing. Maka dari itu lebih baik anda diskusikan lebih dulu berapa besar upah yang akan diberikan. Anda bisa menentukan jumlah upah ini berdasarkan tingkat kerumitan dari pembangunan yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *